Saturday 9 April 2016

Membuat database di postgresql menggunakan EMS SQL Manage for PostgreSQL

Membuat database dapat dilakukan dengan command tentunya ini membutuhkan kemampuan lebih untuk melakukannya, untuk mempermudah dalam pengelolaan database terdapat aplikasi yang menyediakan graphic user inteface untuk database administrator agar mempermudah kita dalam melakukan pengolahan database. Pengembang aplikasi menyediakan database administrator sesuai dengan database driver yang digunakan salah satunya EMS SQL Manager for PostgreSQL.
Sebelum membuat dengan SQL manager tentunya harus mengunduh EMS SQL manager disini. setelah selesai mendownload lakukan penginstalan seperti biasa.
Setelah selesai buka aplikasi SQL ManagerLite for PostgreSQL dan kita dapat memulai artikel ini sesuai dengan judulnya. :D
halaman awalnya dapat dilihat seperti gambar diatas, untuk membuat database baru klik icon seperti yang dilingkari merah.
ketik nama database sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa centang register after creating (kalo tidak database tidak akan tampil).
host name isikan dengan localhost jika anda ingin membuat di komputer lokal, port defaultnya 5432, username default: postgres, password sesuai yang anda input saat penginstallan. setelah itu klik next.
gambar diatas satu ini sifatnya optional, anda bisa mengosongkan semuanya dan next, jika encoding dikosongkan SQL Manager akan memberi peringatan agar lebih baik menggunakan encoding dan jika owner dikosongkan maka akan otomatis terset default yaitu postgres.

klik run dan tampilan terakhirnya merupakan preview pengaturan anda pilih ok saat tampilan preview tersebut muncul.
Selesai, sekarang lihat disidebar database yang baru kita buat telah tersedia.
jika ada pertanyaan terkait artikel ini atau mengenai postgre dapat ditanyakan di form komentar :D

No comments:

Post a Comment